MENGELOLA
DAN MENGIRIM EMAIL
A.
Kelebihan dan
Kelemahan Surat Menyurat Melalui E-Mail
Kegiatan surat menyurat
sebagai penunjang kediatan perkantoran tidak selalu dalam bentuk wujud fisik.
Namun dengan kecanggihan perkembangan teknologi informasi (TI) kegiatan surat
menyurat dapat dilakukan melalui perangkat elektronik, yaitu computer dengan
menggunakan fasilitas internet.
Keuntungan dari kegiatan surat menyurat
melalui e-mail, antara lain sebagai berikut.
1.
Informasi lebih
cepat diterima oleh orang yang dituju.
2.
Biaya relative
lebih murah dibandingkan melalui jasa kurir atau pos.
3. Umpan balik (feedback) dapat dilaksanakan secara
langsung sehingga cepat menerima balasan.
4. Dapat
mengirimkan gambar-gambar atau foto dalam bentuk tiga dimensi sehingga lebih
menarik.
Kelemahan dari kegiatan surat menyurat
melalui e-mail, antara lain sebagai berikut.
1.
Hanya bisa
diakses oleh orang yang mempunyai fasilitas internet.
2.
Hanya bisa
diakses oleh orang yang mengerti tentang internet.
3.
Dalam keadaan
tertentu (jaringan sibuk) proses mengakses menjadi lamban.
4.
Dokumen dapat
hilang atau rusak terkena virus.
5.
Ketergantungan
pada alat (computer atau jaringan internet) sangat tinggi.
B.
Pengelolaan dan
Pengiriman Surat Melalui E-Mail
Pengelolaan atau pencatatan kegiatan
surat menyurat melalui e-mail sama seperti kegiatan surat menyurat dalam wujud
fisik. Namun, perlu diperhatikan, jika informasi didapat melalui e-mail,
alangkah baiknya jika informs ini disimpan juga dalam bentuk print out/hard copy sehingga jika
dokumen rusak masih ada arsipnya.
Berikut akan dijelaskan bagaimana cara
mengakses e-mail yang terdapat dalam situs web (website) http://www.yahoo.com. Pada gambar-gambar yang akan diperlihatkan urutan
atau langkah-langkah dalam mengakses e-mail yang terdapat di dalam http://www.yahoo.com.
Langkah pertama yang dilakukan adalah
masuk ke dalam situs yahoo sehingga akan terdapat tampilan seperti gambar
berikut.
Pada gambar diatas terdapat pilihan yang
disediakan, yaitu Mail, Messenger, Puzzles dan
Setelah proses pilihan menu Mail selesai
diproses, akan muncul tampilan berikut.
Pada proses diatas, Anda diminta
mengisikan Yahoo! ID dan Password, yang sudah ada saat Anda membuat e-mail
dengan menggunakan yahoo. Setelah Anda memasukkan yahoo ID dan password, akan
muncul tampilan layar seperti berikut.
Gambar di atas
memberikan gambaran tentang e-mail yang Anda miliki dan informasi apa saja yang
dapat digunakan dalam e-mail tersebut, antara lain sebagai berikut.
a.
Inbox, berisikan
surat elektronik dari orang lain yang masuk ke dalam alamat e-mail Anda. Dari
inbox ini Anda dapat melihat e-mail siapa saja yang telah masuk ke dalam e-mail
Anda, antara lain dari perusahaan tempat Anda bekerja, rekan kerja, teman
sejawat, bahkan e-mail dari mailing list yang Anda ikuti.
b.
Drafts,
berisikan informasi tentang e-mail yang telah Anda buat, tetapi masih dalam
bentuk rencana (draft) dan belum dikirimkan ke e-mail orang lain.
c.
Sent, berisikan e-mail Anda yang telah terkirim ke
e-mail orang lain.
d.
Spam, berisikan
mengenai e-mail lain yang masuk ke e-mail Anda dalam bentuk spam (informasi
yang tidak dikenal) yang bisa saja berisi virus, Trojan atau worm yang sengaja
dikirimkan oleh orang yang tidak Anda kenal secara acak atau bisa juga dari
e-mail tersebut langsung dihapus saja.
e.
Trash, berisikan
informasi tentang penelusuran dari e-mail yang telah Anda kirim atau juga
e-mail yang pernah masuk ke dalam e-mail kita.
Selain itu juga di dalam e-mail juga
terdapat beberapa tab menu, antara lain sebagai berikut.
a.
Delete,
digunakan bila Anda ingin menghapus e-mail yang sudah lama, tidak diperlukan
lagi atau e-mail yang tidak jelas asal-usul pengirimnya. Hal ini dapat
dilakukan dengan memberi tAnda centang pada kotak yang ada.
b.
Reply, digunakan
bila Anda ingin membalas e-mail yang masuk, baik secara perorangan (Reply to sender) maupun kelompok (Reply to all).
c.
Forward,
digunakan bila Anda inin meneruskan kiriman e-mail yang masuk kepada e-mail
orang lain.
d.
Spam, digunakan
untuk memberitahukan kepada Anda tentang e-mail yang masuk dalam bentuk spam
(e-mail yang mungkin ditumpangi virus). Ada baiknya e-mail seperti ini dihapus
saja.
e.
Move, digunakan
jika Anda ingin memindahkan e-mail tertentu ke dalam folder tertentu pula yang
telah dibuat sebelumnya agar e-mail yang ada dapat digolongkan sesuai maksud
dan tujuan dari e-mail.
f.
Print, digunakan
jika Anda ingin mencetak isi dari suatu e-mail yang sedang Anda lihat untuk dicetak
ke mesin pencetak.
g.
More Actions,
digunakan jika Anda ingin melakukan perintah lain dari e-mail dengan berbagai
macam kondisi.
h.
View, digunakan
untuk melihat secara lengkap e-mail yang sedang Anda lihat.
Berikutnya akan dijelaskan tentang cara
membuat dan mengirim e-mail dengan menggunakan fasilitas yang ada pada yahoo.
Untuk itu, Anda klik menu New, kemudian akan tampil pilihan seperti pada gambar
sebagai berikut.
a.
E-mail Message,
digunakan jika Anda ingin mengetikkan sebuah e-mail (compose).
b.
Chat, digunakan
jika Anda ingin menggunakan fasillitas chatting dengan menggunakan yahoo. Hal
ini sama seperti chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger (YM).
c.
Text Message
(SMS), digunakan jika Anda ingin menggunakan fasilitas dala bentuk SMS (Short
Message Service) layaknya telpon genggam.
Setelah Anda mengklik menu New maka akan
muncul tampilan seperti di bawah ini.
pada gambar tersebut juga terdapa
tbeberapa hal yang dapat dijelaaskan sebagai berikut.
a. To, digunakan
untuk mengetikkkan alamat e-mail yang
dituju.
b.
CC (Copy
Carbon), digunakan untuk mengetikkan alamat e-mail alternative.
c. BCC (Blank Copy
Carbon), sama seperti CC, tetapi tidak ditampilkan di e-mail yang akan Anda
kirimkan.
d. Subject,
digunakan untuk membuat judul yang berisi maksud isi e-mail secara global agar
si penerima e-mail memahami dan mengeri e-mail yang diterimanya.
Setelah Anda selesai mengetik e-mail,
namun Anda ingin menambahkan file lain yang ingin disertakan, Anda dapat
menggunakan fasilitas Attach. Dan atau informasi yang ingin Anda sertakan
terlebih dahulu ada dalam folder yang telah dibuat sebelumnya dan Anda harus
mengetahui nama file yang akan disertakan tersebut.
Setelah data atau informasi yang akan
disertakan telah Anda dapat kemudian kirim file tersebut.
Referensi :Menengani Surat Masuk dan Keluar (Mail Handling)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar